Minggu, 14 Juni 2009

Dua Teknologi Canggih Lexus Untuk Prius


Dua teknologi keselamatan yang hanya dipakai di Lexus akan diadopsi Toyota Prius terbaru yang akan dipasarkan di Australia, Juli mendatang. Yang pertama adalah Dynamic Radar Cruise Control dan lainnya adalah Pre-Crash. Pengemudi Prius bisa tersenyum lebih lebar, berkendara lebih tentram.

Dynamic Radar Cruise Control menggunakan sistem radar untuk mendeteksi lalulintas di depan mobil. Jika mobil di depan melambat, radar akan mendeteksi ada perubahan kecepatan dan jarak. Sistem lalu memerintahkan Prius untuk memperlambat untuk mempertahankan jarak aman antar mobil.

Ketika mobil di depan berakselerasi lagi, atau menepi dan jalan di depan kosong, sistem akan memerintahkan Prius kembali ke kecepatan jelajah yang sudah di set sebelumnya. Dalam situasi itu, untuk mengerem atau berakselerasi, pengemudi tidak perlu menekan pedal apapun. Satu-satunya kondisi di mana intervensi pengemudi diperlukan adalah jika mobil butuh pengereman kuat yang tidak bisa dilakukan sistem. Pada situasi itu mobil akan membunyikan alarm untuk mengingatkan pengemudi agar menginjak pedal rem.

Pre-Crash juga menggunakan radar yang mengawasi benda-benda yang mendekat lalu di kalkulasi bersama kecepatan dan sudut mobil untuk menentukan apakah bakal terjadi benturan. Bila Prius dianggap akan membentur sesuatu, alarm berbunyi dan sistem pengereman siap menghentikan mobil ketika pedal rem disentuh. Bila ternyata kecelakaan tak terhindarkan, Pre-Crash secara otomatis mengencangkan sabuk pengaman kursi depan. Sabuk pengaman juga akan mengencang saat pengereman kuat dan saat vehicle stability system mendeteksi mobil tidak terkontrol.

Belum diperoleh informasi apakah Lane Keep Assist dan Intelligent Parking systam yang ditawarkan kepada konsumen Prius di Amerika Serikat juga akan diperkenalkan pula pada konsumen Prius di Australia.

Lane Keep Assist akan mmberi peringatan pada pengemudi jika mobil keluar jalur tanpa memberi peringatan sebelumnya. Intelligent Parking system mampu memarkir mobil secara paralel tanpa bantuan pengemudi sama sekali.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com